Sabtu, 23 Oktober 2010

Rising Star: Gareth Bale ☺

Masih ingat pencetak hattrick di Liga Champion Matchday 3 laga Internazionale Milan kontra Tottenham Hotspurs? Yeap, dialah Gareth Bale pemain bernomor punggung 3 yang berhasil menceploskan 3 gol ke gawang Julio Cesar meski tak berhasil membawa Spurs—tim yang dibelanya—mengimbangi Inter /:

Well, saya ga akan mengulas pertandingan tersebut melainkan akan membahas Gareth Frank Bale, pemuda Wales kelahiran Cardiff, 16 Juli 1989. Ia bermain di posisi bek kiri sampai akhirnya dimajukan sebagai gelandang lantaran kekuatan fisiknya dianggap sayang hanya digunakan untuk bertahan.

FYI, Bale tercatat sebagai pemain rugbi di Whitchurch High School pada usia 14 tahun. Namun kemudian ia memilih menekuni sepakbola ketimbang rugbi lantaran kala itu posturnya terlalu kurus untuk ukuran pemain rugby.

Bale memulai karir profesionalnya di Southampton dan melakukan debut kontra Milwall di saat usianya 16 tahun 275 hari, dengan kata lain ia pemain termuda kedua—setelah Theo Walcott—yang pernah bermain untuk The Saints. Pada 6 Agustus 2006 ia mencetak gol pertamanya ke gawang Derby di Pride Park dimana laga itu berakhir imbang 2-2.

Bale ditransfer ke Tottenham Hotspur pada 25 Mei 2007 dengan nilai transfer £ 10 juta. Ia bermain pertama kali pada 12 Juli 2007 pada laga kontra St. Patrick's Athletic sebagai pemain pengganti di menit 80. Dia baru diturunkan di debut kompetitif pada 26 Agustus dalam laga melawan Manchester United. Gol pertamanya dicetak pada 1 September di laga melawan Fulham yang berkesudahan 3-3.

Pemain berpostur 1.83 m dan 74 kg ini tercatat sebagai pemain Wales termuda yang melakukan debut saat berusia 16 tahun 315 hari dalam laga kontra Trinidad Tobago. Dia juga pencetak gol termuda bagi Wales saat timnya melawan Slovakia pada 7 Oktober 2006.

Trivia:
^Unggul dalam menusuk ke depan gawang lawan dengan sentuhan golnya. Bale juga spesialis tendang bebas.
^Bale adalah keponakan mantan pemain Cardiff City, Chris Pike

1 komentar:

  1. Bale Memang Bek hebat....
    Tpi lebih Hebat Sergio Ramos . . .
    Berjuang terus Bale Buat Dunia Bangga Dengan Kehadiranmu...

    BalasHapus